09/06/13

13 Tips Mencari Pekerjaan dengan Gaji Tinggi

Tips Mencari Kerja dengan Gaji Tinggi / Besar - Para pencari diharapkan dapat menemukan profesi yang benar-benar tepat.  Tidak ada salahnya jika memilih profesi menjadikan besarnya gaji sebagai pertimbangan utama. Berikut beberapa  Tips pelamar yang mencari kerja gaji besar / tinggi :

1. Carilah pekerjaan yang sesuai dengan Passion dan Keahlian anda , karena dengan itu anda akan mencintai pekerjaan dan  pekerjaan yang anda geluti  tidak terasa sebagai beban , ide ide segar akan selalu muncul  sehingga ritme kerja anda menjadi dinamis.

2. Jadilah seorang Profesional  atau Ahli dalam bidang tertentu , bila anda sudah bekerja beberapa bulan  di sebuah perusahaan  mulailah pikirkan untuk menjadi ahli di bidang tertentu ,  anda bekerja sebagai staff  IT pikirkan satu bidang di divisi IT yang anda paling minat dan mampu  misal : Programer  , untuk menjadi seorang programmer pun anda juga tidak harus mempelajari semua program computer,  pilih satu atau dua jenis teknik Pemrograman yang banyak di pakai . Dalam lingkup keahlian seseorang yang banyak tahu semua keahlian biasanya dia hanya tahu kulitnya saja  tapi apabila seseorang hanya tahu satu atau dua  bidang keahlian dan ditekuni dalam dalam waktu yang lama biasanya dia adalah orang yang expert / Ahli.
3. Pelajari Ilmu Management  melalui pelatihan singkat atau pendidikan Formal, bila anda menekuni bidang diluar management  misalnya Tehnik atau Engineer tidak ada salahnya anda belajar diluar  keahlian anda yaitu management hal ini untuk mendukung kemampuan anda pada posisi pekerjaan anda di kemudian hari yang  tentunya meningkat.     
4. Jika anda adalah sarjana baru, cobalah untuk tidak jual mahal. Sebagai awalan, posisi tawar pencari kerja yang baru lulus masih belum tinggi. Jangan menuliskan permintaan gaji yang terlalu tinggi. Sesuaikan dengan standar gaji perusahaan yang anda lamar.

5. Untuk pertama kali, hendaklah jangan tergiur dengan nama besar dan besarnya gaji yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Utamakan terlebih dahulu untuk mencari pengalaman kerja yang lebih banyak. Jika memang sudah memiliki cukup pengalaman, maka anda dapat pindah ke perusahaan lain atau berganti pekerjaan ke level lebih tinggi, dengan nilai standar gaji yang lebih tinggi.

6. Sikap dan perilaku yang baik merupakan modal utama pencari kerja gaji tinggi. Penilaian sikap dan perilaku itu seperti integritas, kemampuan untuk bisa bekerjasama dengan baik dalam tim, tahan banting terhadap berbagai tekanan, dapat dipercaya, dan sejenisnya. Perusahaan yang memiliki standar gaji tinggi biasanya menetapkan standar yang tinggi pula mengenai hal ini.

7. Bekali diri diri anda dengan kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan sesuai standar yang diharapkan oleh perusahaan-perusaahan. Ini merupakan salah satu kemampuan yang sekarang hampir dipersyaratkan oleh perusahaan-perusahaan. Penuhi persyaratan ini untuk membuka peluang lebih besar mendapat pekerjaan gaji tinggi.

8. Pelajari dulu berbagai hal yang berhubungan dengan perusahaan yang anda lamar. Mulai dari visi dan misi, budaya perusahaan, sistem pengembangan karir, dan yang lainnya. Seorang pelamar bukan nomor satu saat psikotes, dapat menjadi kandidat yang dipilih jika pelamar tersebut lebih menguasai hal-hal tersebut.

9. Pahami job desk atau deskripsi tugas pekerjaan secara detail. Terkadang, ada beberapa pekerjaan dengan jenis yang sama, namun memiliki job desk yang berbeda. Jadi pastikan anda memahami pekerjaan yang anda lamar di perusahaan yang anda tuju.

10. Apabila anda termasuk tipe Kutu Loncat , Pahami etiket untuk  berpindah kerja. Meski pindah kerja itu sebenarnya tidak dilarang, akan tetapi akan berdampak kurang baik jika anda terlalu sering berpindah-pindah kerja dalam waktu singkat. Sebaiknya, lakukan pindah kerja saat anda telah melewati 3 tahun.

11. Apabila anda mendapatkan Pekerjaan baru usahakan Tipe keahlian masih sama , seorang Building Engineer dengan pengalaman bekerja beberapa tahun  tentu akan dianggap Fresh graduated bila pindah dengan pekerjaan baru sebagai Industrial Engineer dan tidak mendapatkan take over dari perpindahan pekerjaan yang baru.   

12. Sebenarnya, latar belakang pendidikan apapun yang anda miliki, anda punya kesempatan untuk menempati jabatan-jabatan yang memberikan nilai gaji tinggi. Sudah banyak didapati posisi pekerjaan atau jabatan yang diduduki oleh pekerja yang yang tidak sejalan dengan titel sarjana yang dimilikinya. Misalnya saja, Sarjana Pertanian menjadi Direktur Keuangan, Sarjana Teknik sukses menjadi Manager Keuangan, Arsitek menjadi Presiden Direktur di perusahaan TIK, dan yang lainnya.

13. Ukur kemampuan diri sendiri. Jangan cuma melihat pekerjaan dari sisi besarnya gaji saja. Cobalah buat pandangan anda melihat profesi secara menyeluruh, dimana anda bisa bekerja, berkarya, berprestasi, dalam kinerja yang terbaik. Jangan sampai anda merasa tertekan dalam bekerja, hanya karena mengejar gaji tinggi.

Itulah beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan bagi anda sebagai pencari kerja gaji tinggi. Tak hanya memperhatikan penampilan saat kerja, bangun juga kredibilitas diri anda dengan baik, ini merupakan salah satu persyaratan mutlak untuk meraih kesuksesan dalam profesi atau pekerjaan anda.

0 komentar:

Posting Komentar